Penulis / NIM
SERLI HALIM / 151408244
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
iv
ABSTRAK
Serli Halim. Nim. 151 408 244. “Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada
Siswa Dengan Menggunakan Media Cetak di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. (Pembimbing I Hj. Sumarni
Mohammad, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd).
Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam
Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Siswa Dengan Menggunakan Media
Cetak di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tujuan meningkatan ketrampilan
menyimak siswa dengan menggunakan media cetak untuk meningkatkan hasil
belajar siswa di kelas V pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 30 Kota
Selatan Kota Gorontalo.
Metode ini digunakan dengan maksud untuk mengetahui peningkatan
keterampilan menyimak siswa dengan menggunakan media cetak pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN Negeri 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo.
Pada pelaksanaan observasi diketahui bahwa rata-rata keterampilan menyimak
siswa sebesar 63.4%. Setelah diadakan tindakan pada siklus I rata-rata
keterampilan menyimak siswa meningkat sebesar 73.23%. Namun rata-rata
tersebut belum mencapai indikator capaian 75%. Maka dilanjutkan pada tindakan
siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil rata-rata
keterampilan menyimak siswa sebesar 84.85%. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan media cetak dapat meningkatkan
keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo
“terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Penggunaan Media Cetak dan Menyimak
Download berkas