SKRIPSI

Penulis / NIM
SILFANA YUSUF / 151408247
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
Silfana Yusuf. Nim 151 408 247. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Jenis-jenis Budaya Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 06 Botumoito Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo.” Suatu Penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Kebudayaan Indonesia di kelas IV SDN 06 Botumoito. Adapun yang menjadi tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PKn tentang materi Kebudayaan Indonesia melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian akan dihentikan jika telah tercapai hasil pemahaman siswa sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SDN 06 Botumoito. Hasil kegiatan belajar siswa di ukur dengan menggunakan skala penilaian yang ditetapkan dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa pada siklus 1 dan 2 mengalami peningkatan yang signifikan pada penguasaan materi, dapat menjawab pertanyaan, mengembangkan pendapat dan kerja sama dalam menjawab. Hal ini di tunjukkan oleh peningkatan pemahaman pada aspek penguasaan materi yaitu 60%, aspek dapat menjawab pertanyaan yaitu 0%, aspek mengembangkan pendapat 0% dan aspek kerja sama dalam menjawab 68%. Sedangkan pada siklus 2, aspek penguasaan materi yaitu 88%, aspek dapat menjawab pertanyaan yaitu 48%, aspek mengembangkan pendapat 48% dan aspek kerja sama dalam menjawab 100%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi Kebudayaan Indonesia. Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran Jigsaw.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011