SKRIPSI

Penulis / NIM
SITI AISAH / 151408249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK Siti Aisah, 2012. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Gorontalo. Skripsi, Program studi S-1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd. Permasalah dalam penelitian adalah apakah pendekatan kontekstual melalui kemampuan siswa menulis karangan di kelas IV SD Negeri No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo pada siswa kelas IV dengan jumlah sebanyak 28 siswa diantaranya 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dengan teknik penelitian yang digunakan adalah teknik observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kemampuan menulis karangan pada observasi awal adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata,dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 11 siswa (40%), tidak mampu 17 siswa (60%), maka pada siklus 1 adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata, dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 16 siswa (58%), tidak mampu 12 siswa (42%), kemudian pada siklus II adalah aspek isi karangan, ejaan/tanda baca, diksi/pilihan kata, dan teknik penyajian/teknik penulisan yang mampu 24 siswa (86%), tidak mampu 4 siswa (14%). Hasil pengamatan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan. Hasil observasi awal 38%, siklus I = 61%, siklus II = 96%. Simpulan yang dapat diambil pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan. Jadi, penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Melalui Pendekatan Kontekstual di Kelas IV SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Menulis Karangan dan Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011