Penulis / NIM
SRI NOVRIANTI HADIA / 151408259
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Sri Novrianti Hadia. NIM. 151 408 259. Deskripsi Penggunaan Model Pembelajaran STAD dalam Mengapresiasi Cerita Fiksi di Kelas V SDN 4 Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Ratnarti Pahrun dan Pembimbing II: Yusuf Jafar.
Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya penggunaan model STAD pada pembelajaran bahasa Indonesia materi mengapresiasi cerita fiksi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran STAD dalam mengapresiasi cerita fiksi di kelas V SDN 4 Tilango Kabupaten Gorontalo. Dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan model pembelajaran STAD mampu digunakan guru kelas V SDN 4 Tilango Kabupaten Gorontalo pada pembelajaran mengapresiasi cerita.Fase-fase yang dilakukan guru dimulai dengan menyampaikan secara umum topik yang akan dibelajarkan guna menumbuhkan motivasi belajar siswa, menjelaskan secara global materi, mengorganisasikan siswa dan membentuk kelompok STAD, mengawasi serta membimbing kelompok, evaluasi lisan dan tertulis, serta memberikan penghargaan kelompok yang aktif dan berprestasi.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwamodel STAD telah dilaksanakan dengan baik oleh guru pada pembelajaran materi mengapresiasi cerita fiksi di kelas V SDN 4 Tilango Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci: Model STAD, mengapresiasi, cerita, fiksi
Download berkas