Penulis / NIM
SRI WAHYUNI PULUBUHU / 151408262
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
Sri Wahyuni Pulubuhu. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Koperasi Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas ILmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Model STAD Dapat Meningkatkan pemahaman tentang koperasi pada pembelajaran IPS pada siswa Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian adalah Untuk Meningkatkan pemahaman Siswa tentang koperasi pada pembelajaran IPS Melalui Model STAD di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatakan Pemahaman siswa pada materi koperasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data, Dari jumlah siswa 34 orang yang dikenai tindakan hanya 17 orang siswa (50%) yang memperoleh nilai baik atau sudah dapat dikatakan pemahamannya meningkat, 6 orang siswa yang memperoleh nilai cukup (18%) dan 11 orang siswa atau (32%) yang dikatakan pemahamannya masih kurang. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana dari 34 orang siswa yang memperoleh nilai baik berjumlah 32 orang (94%) atau dikatakan pemahamannya terhadap materi koperasi sudah meningkat, 1 orang siswa atau (3%) yang memperoleh nilai cukup,dan 1 orang siswa atau (3%) yang belum paham tentang materi koperasi.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model STAD, pemahaman siswa pada pembelajaran IPS tentang materi Koperasi di kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman, koperasi, Model STAD
Download berkas