Penulis / NIM
SRI YANTI K. HUNOWU / 151408263
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Nama. Sriyanti K. Hunowu, Judul. Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Melalui Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V SDN 11 Tilamuta Kabupaten Boalemo
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita melalui pendekatan kontruktivisme di kelas V SDN 11 Tilamuta
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Tilamuta. Objek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerita melalui pendekatan kontruktivisme. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan lembar pengamatan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan menulis cerita sebelum menerapkan pendekatan kontruktivisme adalah 42,30%, setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme pada siklus I nilai-rata keterampilan menulis cerita meningkat menjadi 45,8%. Pada siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis cerita meningkat menjadi 76%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 11 Tilamuta. Hasil observasi aktivitas siswa selama proses pembelajaran keterampilan menulis cerita, pada siklus I siswa memperoleh persentase 48,33%, nilai ini berada pada kategori kurang. Pada siklus II meningkat menjadi 74,83%, nilai ini berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa kelas V SDN 11 Tilamuta.
Download berkas