Penulis / NIM
SRI YULAN TUNA / 151408264
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yulan Tuna. “Meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara melalui Role playing di Kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara melalui role playing dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 1 Dulamayo Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 25 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data secara kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data penelitian, dilalukan melalui observasi pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui role playing dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara di kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga. Hal ini tergambar dari rata-rata partisipasi aktif siswa pada siklus I mencapai 2,66 dan meningkat sebesar 3,45 disiklus II, (2) Pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui role playing sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 90,75 %, dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 96,3 %.
Dengan demikian, melalui role playing dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam berbicara bagi siswa kelas V SDN 1 Dulamayo Barat Kecamatan Telaga yang berjumlah 25 orang.
Kata kunci : Partisipasi Aktif, Berbicara, dan Role Playing.
Download berkas