Penulis / NIM
SRI YULYANTI IGIRISA / 151408265
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yulyanti Igirisa.2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Suku
Kata Melalui Di Kelas II SDN 13 Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten
Boalemo. Skripsi. Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa patiiha,
S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan apakah dengan menggunakan model
picture and picture kemampuan siswa dalam membaca suku kata dapat
ditingkatkan?. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa
membaca suku kata melalui model picture and picture di kelas II SDN 13
Tilamuta, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada observasi awal terdapat 6 orang
siswa (26,08%) dari 23 siswa Kelas II SDN 13 Tilamuta yang memiliki
kemampuan membaca suku kata. Selanjutnya pada Siklus I presentasinya
mencapai 43,47%, ini berarti terjadi peningkatan menjadi 10 siswa dari 6 siswa
sebelumnya. Pada Siklus II sebagian besar siswa sudah mampu menyampaikan
pesan, yang sebelumnya pada siklus I hanya 43,47% pada siklus II mengalami
peningkatan 86.95% atau 20 siswa. Dengan demikian perkembangan kemampuan
siswa membaca suku kata sudah mencapai ketuntasan dengan indikator kinerja
yang mencapai 75 % dari hasil yang ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan
model picture and picture ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca
suku kata siswa di kelas II SDN 13 Tilamuta Desa modelomo Kecamatan
Tilamuta Kabupaten Boalemo, dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang
telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Membaca Suku Kata dan Model Picture and Picture.
ABSTRACT
Sri Yulyanti Igirisa.2012. Increase Student Ability Reads Syllable Passes At Class
II SDN 13 Tilamuta District Tilamuta Regency Boalemo. Skripsi S1 PGSD
Primary School Teacher Education Programs Faculty of Education, State
University Gorontalo. Adviser I Dra. Hawa Patiiha, S.Pd, M.Pd, Adviser II Dra.
Ratnarti Pahrun, S.Pd, M.Pd.
This watchfulness internal issue be formulated to what by using model picture and
picture student ability in read syllable can be increased?. Aim from this
watchfulness is to increase student ability reads syllable passes model picture and
picture at class II SDN 13 Tilamuta, District Tilamuta, Regency Boalemo.
This watchfulness result shows that, in beginning observation found 6 students
(26,08%) from 23 class students II SDN 13 tilamuta that has ability reads
syllable. furthermore in my cycle is the presentation I achieves 43,47%, this
means happen enhanced is 10 students from 6 previous students. in cycle II a
large part student has caned to submit message, previous in my cycle only 43,47%
in cycle II experiences enhanced 86.95% or 20 students. thereby student ability
development has read syllable has achieved ketuntasan with performance
indicator that achieve 75 % from result that appointed.
From this class action watchfulness result inferential that model use picture and
picture obvious can increase ability read student syllable at class II SDN 13
Tilamuta Village Modelomo District Tilamuta Regency boalemo, thereby that
action hypothesis that formulated proved and acceptable.
Keyword: Read Syllable and Model Picture And Picture.
Download berkas