SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YUNITA TALIKI / 151408266
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Sri Yunita Taliki. 2012. Skripsi. “ Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Metode Bermain Peran di Kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran di kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Metode Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Hal ini terlihat pada observasi awal terdapat 7 orang atau 38,88 % kriteria tepat, 33,33 % atau 6 orang kriteria kurang tepat dan 27,77 % atau 5 orang kriteria tidak tepat. Tindakan siklus I terdapat 50 % atau 9 orang siswa yang memperoleh kriteria tepat, 33,33 % atau 6 orang siswa memperoleh kriteria kurang tepat, dan 3 orang atau 16,66 % memperoleh kriteria tidak tepat dan pada siklus II meningkat menjadi 88,88 % atau 16 orang siswa memperoleh kriteria tepat, dan 11,11 % atau 2 orang siswa memperoleh kriteria kurang tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode bermain peran, maka keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan. Kata Kunci : Berbicara Siswa, Metode Bermain Peran.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011