Penulis / NIM
SRIFONI DIAN EKAWATY SAIDI / 151408267
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Srifoni Saidi. 2012. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan
Deskripsi Melalui Media gambar di Kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Syarat Mengikuti Ujian
Sarjana Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun,
M.Pd dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas IV SDN
No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo, dengan Rumusan Masalah “ Apakah dengan
menggunakan Media Gambar dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis
Karangan Deskripsi pada siswa kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota
Gorontalo? “, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis
karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar di kelas IV SDN No. 30
Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis
penelitian deskriptif kualitatif, yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I
dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek
diperoleh 8 orang siswa dengan kategori mampu atau 33% sehingga indikator
kinerja yakni minimal 75% siswa yang memperoleh kategori mampu belum
tercapai. Dengan demikian masih dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II
siswa dengan kategori mampu meningkat menjadi 20 orang siswa atau 83,33%.
Hal ini sudah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan maka
pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa penggunaan media gambar
dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas IV
SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Menulis Karangan, Media Gambar
Download berkas