Penulis / NIM
SRIWAHYUNI DJAFAR / 151408268
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Sriwahyuni djafar. 2014. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model Student Achievement Divisions (STAD) dikelas IV SDN 41 Hulondalangi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Penddikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Elmia Umar, M.Pd, Pembimbing II : Nurhayati Tine, S.Pd,M.Hi
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Penggunaan Model Pembelajaran (STAD) Dapat Meningkatkan hasil belajar pada materi sistem pemerintahan pusat pada pelajaran PKn Siswa kelas IV SDN 41 Hulondalangi Kota Gorontalo?" Sedangkan tujuan peneltian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan melalui model student divisions (STAD) dikelas IV SDN 41 Hulondalangi Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal hanya sebanyak 10 siswa (47,62%) dari 21 siswa yang ada dikelas IV SDN 41 Hulondalangi. Yang tuntas belajar, sedangkan 11 siswa (52,38%) tidak tuntas dalam belajar. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (90,47%) dari jumlah siswa yang ada yang memiliki hasil belajar sesuai yang diharapkan.
Berdasarkan hasil penelitiann tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi sistem pemerntahan pusat dikelas IV SDN 41 Hulondalangi Kota Gorontalo dapat meningkat.
Download berkas