Penulis / NIM
SRIYUYANTI MOITO / 151408269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Sriyuyanti Moito. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perjuangan
Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Melalui Model Group
Investigation Di Kelas V SDN 1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat
Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model
Group Investigation (GI) dapat meningkatkan pemahaman siswa Tentang
Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda di kelas V SDN 1
Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian
ini untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Materi Perjuangan Para Tokoh
Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman
siswa terhadap Materi Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan
Belanda Melalui Model Group Investigation (GI). Data-data dikumpulkan melalui
lembar observasi berupa lembar pengamatan aktivitas siswa, pengamatan
pemahaman siswa dan hasil evaluasi belajar siswa untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa dan keberhasilan penelitian.
Pada hasil penelitian siklus I, diperoleh hasil pemahaman siswa dari 19 orang
mencapai 52.63%. Pada siklus II memperlihatkan hasil pemahaman siswa
meningkat menjadi 89.47% sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Group Investigation (GI) pemahaman siswa tentang
Penjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Di Kelas V SDN
1 Huidu Utara Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Pemahaman, Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa
Penjajahan Belanda, Model Group Investigation (GI)
Download berkas