SKRIPSI

Penulis / NIM
SUBAHRIA / 151408270
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
Subahria. 151408270. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II SDN 1 Suwawa Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Dra.SamsiarRivai, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I danDra. MartiantyNalole, M.Pd selaku Pembimbing II. Permasalahandalampenelitianiniadalahapakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Suwawa Timur dalam menyelesaikan perkalian bilangan cacah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkankemampuanmenyelesaikanperkalianbilangancacah melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN 1SuwawaTimur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di Kelas II SDN 1 SuwawaTimurdenganjumlah 23 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, yaitusiklus I dansiklus II. Hasilpenelitianmenunjukanbahwapadapelaksanaansiklus I dari 23 siswa yang dikenaitindakanmemperolehnilai di bawah 65 berjumlah 10 siswaatau 43,47% dinyatakanbelummampudan yang memperolehnilai diatas 65 berjumlah 13 siswaatau 56,52% dinyatakanmampu. Sedangkanpadasiklus II siswa yang memperolehnilai di bawah 65 berjumlah 3 siswaatau 13,04% dinyatakanbelummampudansiswa yang memperolehnilai di atas 65 berjumlah 20 siswaatau 86,95%. Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadisimpulkanbahwa, melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan menyelesaikan perkalian billangan cacah pada siswa kelas II SDN I Suwawa Timur meningkat. Kata kunci :Perkalian,BilanganCacah, ModelPembelajaran CTL
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011