Penulis / NIM
SUBAHRIA / 151408270
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
Subahria. 151408270. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Perkalian Bilangan Cacah Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada siswa Kelas II SDN 1 Suwawa Timur Kab. Bone Bolango Prov. Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Dra.SamsiarRivai, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I danDra. MartiantyNalole, M.Pd selaku Pembimbing II.
Permasalahandalampenelitianiniadalahapakah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 1 Suwawa Timur dalam menyelesaikan perkalian bilangan cacah? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkankemampuanmenyelesaikanperkalianbilangancacah melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas II SDN 1SuwawaTimur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian tindakan kelas. Penelitiantindakankelasinidilaksanakan di Kelas II SDN 1 SuwawaTimurdenganjumlah 23 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, yaitusiklus I dansiklus II.
Hasilpenelitianmenunjukanbahwapadapelaksanaansiklus I dari 23 siswa yang dikenaitindakanmemperolehnilai di bawah 65 berjumlah 10 siswaatau 43,47% dinyatakanbelummampudan yang memperolehnilai diatas 65 berjumlah 13 siswaatau 56,52% dinyatakanmampu. Sedangkanpadasiklus II siswa yang memperolehnilai di bawah 65 berjumlah 3 siswaatau 13,04% dinyatakanbelummampudansiswa yang memperolehnilai di atas 65 berjumlah 20 siswaatau 86,95%.
Berdasarkanhasilpenelitiandanpembahasan, makadisimpulkanbahwa, melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), kemampuan menyelesaikan perkalian billangan cacah pada siswa kelas II SDN I Suwawa Timur meningkat.
Kata kunci :Perkalian,BilanganCacah, ModelPembelajaran CTL
Download berkas