SKRIPSI

Penulis / NIM
SUKEIT / 151408272
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Sukeit. Nim 151 408 272 Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Materi Perjuangan Mempersiapkan Kemerdekaan Melalui Model Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw (Suatu Penelitian di Kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo Kota Gorontalo). Tugas akhir Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar IPS tentang materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pda siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada materi perjuangan mempersiapkan kemerdekaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang siswa, laki-laki berjumlah 11 orang dan perempuan berjumlah 9 orang. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta refleksi dan evaluasi yang berlangsung 2 siklus. Hasil penelitian tindakan yang dianalisis berdasarkan siklus I dan siklus II, telah terjadi peningkatan yakni dari jumlah skor 1379 dengan persentase 68.95%. meningkat menjadi 1640 dengan presentase 82%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci: Hasil belajar, Model, Kooperatif tipe Jigsaw. ABSTRACT Sukeit. Nim 151 408 272 Improving Result Learn IPS About Struggle Draw Up Independence Pass/Through Model Study of Type co-operative of Jigsaw (One Research in Class of V SDN No. 28 Town South Town of Gorontalo Town of Gorontalo). Final Duty of Program Study of S1 PGSD, Majors Education Of Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of Gorontalo.Pembimbing 1 Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si and Counsellor Of II Dra. Elmia Umar, S.Pd, M.Pd. Problem of this research is "Do result learn IPS about struggle items draw up independence through model study of type co-operative of Jigsaw class student pda of V SDN 28 Town South Town of Gorontalo can mount". Target of in this research is to improve result learn IPS at struggle items draw up independence through model study of type co-operative of Jigsaw at class student of V SDN No. 28 Town South Town of Gorontalo. becoming subyek in this research is class student of V amounting to 20 student people, men amount to 11 woman and people amount to 9 people. Method in this research is to use method Research Of Action Class (PTK) through preparation phase, execution of action, perception, and also evaluation and refleksi that goes on 2 cycle. Result of research of analysed action pursuant to cycle of I and cycle of II, have happened improvement namely from amount of score 1379 with percentage 68.95%. mounting to become 1640 with presentase 82%. Thereby can be concluded that model study of type co-operative of Jigsaw can improve result learn IPS at class student of V SDN No. 28 Town South Town of Gorontalo. Keyword: Result learn, Model, Co-Operative Type of Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011