Penulis / NIM
SULASTRI PAKAYA / 151408275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Sulastri Pakaya. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model
Pembelajaran Make a Macth pada Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA
Di Kelas IV SDN No.30 Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan
Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II.
Masalah penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan model pembelajaran
Make a Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya
Alam mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo”
? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa
pada materi Sumber Daya Alam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 30 Kota
Selatan Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Make a Macth. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada penelitian tindakan siklus I, diperoleh hasil dari 24
orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 7 orang atau 29 % dan
yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 17 orang atau 71 %, dengan daya
serap 56 %. Dengan demikian indikator kinerja belum tercapai, sehingga diadakan
tindak lanjut ke siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, diperoleh data hasil
belajar siswa yaitu dari 24 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas
berjumlah 22 orang atau 92 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah
2 orang atau 8 % dengan daya serap mencapai 88 %. Ini berarti penelitian yang
dilaksanakan dapat dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang
ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75 % atau 19 dari
24 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas, dengan daya serap yang diperoleh
siswa minimal 75 %. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model
pembelajaran make a macth dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam di
kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil
belajar siswa secara efektif.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, make a macth.
.
Download berkas