SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASTRI PAKAYA / 151408275
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Sulastri Pakaya. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Make a Macth pada Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN No.30 Kec. Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Masalah penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan model pembelajaran Make a Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam mata pelajaran IPA di Kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo” ? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam mata pelajaran IPA di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo melalui model pembelajaran Make a Macth. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tindakan siklus I, diperoleh hasil dari 24 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 7 orang atau 29 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 17 orang atau 71 %, dengan daya serap 56 %. Dengan demikian indikator kinerja belum tercapai, sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, diperoleh data hasil belajar siswa yaitu dari 24 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 22 orang atau 92 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 2 orang atau 8 % dengan daya serap mencapai 88 %. Ini berarti penelitian yang dilaksanakan dapat dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75 % atau 19 dari 24 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas, dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75 %. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran make a macth dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam di kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran, make a macth. .
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011