Penulis / NIM
SUMARNI ID HADJIKU / 151408276
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Sumarni I.D Hadjiku. NIM. 151 408 276. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Pengaruhnya Terhadap Lingkungan di kelas IV
(Suatu Penelitian di SDN 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo). Dengan Pembimbing Dra. Salma Halidu, S.pd, M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.pd, M.Pd, selaku pembimbing I dan II.
Peneliti mengidentifikasi masalah-masalah sebagai berikut: 1) Penggunaan metode pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar masih monoton, 2) Kurangnya perhatian siswa di dalam menjalani proses belajar mengajar, 3) Belum optimalanya penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah, dan 4) Guru belum memberikan kesempatan kepada siswa secara penuh dalam pelaksanaan pembelajaran terutama dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo melalui penggunaan strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Sains khususnya materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo berlokasi di Jln. Pangeran Hidayat No.100 dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri atas 20 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Siswa kelas IV memiliki tingkat kecerdasan yang tidak merata, dan juga berasal dari latar belakang sosial ekonomi yang heterogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Penggunaan strategi pembebelajaran berbasis masalah (SPBM) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 83 Kota Tengah pada mata pelajaran sains dengan materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap lingkungan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,67% menjadi 83,33% atau rata-rata kelas 7,26 menjadi 8,9. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi “Jika digunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM), maka hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains oleh siswa kelas IV di SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat”, dinyatakan terbukti benar dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah.
Download berkas