Penulis / NIM
SUNARTI HAMZAH / 151408279
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Sunarti Hamzah. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk Benda Melalui Penerapan Metode Demonstrasi
Di Kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu apakah dengan penerapan metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya
terhadap bentuk benda di kelas IV SDN 1 Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai
Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda di kelas IV SDN 1
Olimoo’o Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo melalui penerapan
metode demonstrasi.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa IV SDN 1 Olimoo’o
Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 15 orang yang terdiri atas 8 orang siswa
laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan
selama dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa dalam memahami
materi pengaruh gaya terhadap bentuk benda pada siklus pertama mencapai 68,29
% kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 77,62 %. Begitu pula jumlah
siswa yang tuntas (memperoleh nilai 70 atau lebih) pada siklus pertama, jumlah
siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa atau sebesar 66,67 % kemudian pada
siklus kedua meningkat menjadi 12 orang siswa atau sebesar 80 %. Berdasarkan
hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1
Olimoo’o Kabupaten Gorontalo dalam pembelajaran IPA materi pengaruh gaya
terhadap bentuk benda dapat ditingkatkan menggunakan metode demonstrasi.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi.
ABSTRACT
Sunarti Hamzah. 2012. Increase Result Learns Students in Style Influence
Matter Towards Thing Form Passes Demonstration Method Applications at Class
IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo. Skripsi, Schoolteacher Education
Direction Base, Education Science of Faculty, Gorontalo State University.
Principal troubleshoot in this research that is what with demonstration method
applications can increase result learn student in style influence matter towards
thing form at class Iv SDN 1 olimoo'o District Coast Batudaa Regency Gorontalo?
”. This research aim is to increase result learns student in style influence matter
towards thing form at class IV SDN 1 Olimoo'o District Coast Batudaa Regency
Gorontalo pass demonstration method applications. Method that used in data
collecting covers test, observation, and documentation. Subject in research is
students IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo with total 15 person consist of 8
man students and 7 woman students. This class action research is done during two
cycles. Research result shows that average value student in realize style influence
matter towards thing form in first cycle achieves 68,29 % then in second cycle
increases to be 77,62 %. so also complete student total (gets value 70 or more) in
first cycle, complete student total as much as 10 students or as big as 66,67 % then
in second cycle increases to be 12 students or as big as 80 %. Based on the result
inferential that result learn class student IV SDN 1 Olimoo'o Regency Gorontalo
in study natural and science style influence matter towards thing form can be
increased to use demonstration method.
Keyword : Result Learns, Demonstration Method.
Download berkas