Penulis / NIM
SUPARNI USMAN DAMA / 151408280
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Suparni Usman Dama. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mendeskripsikan Hewan Dengan Bahasa Tulis Melalui Pendekatan Lingkungan di Kelas II SDN 2 Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan lingkungan di kelas II SDN 2 Ulapato A Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo kemampuan siswa mendeskripsikan hewan dengan bahasa tulis meningkat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan hewan dengan bahasa tulis melalui pendekatan lingkungan.
Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas II yang berjumlah 23 orang. Aspek yang dinilai pada penelitian ini adalah kemampuan siswa medeskripsikan hewan, kemampuan siswa menulis deskripsi, dan penggunaan bahasa yang baik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila 75% dari jumlah subyek memperoleh nilai 70 ? untuk ketiga aspek yang dinilai maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan hewan dengan bahasa tulis dapat ditingkatkan melalui pendekatan lingkungan. Hasil analisis data kemampuan siswa sesuai hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil capaian siswa hanya 34,78% yang tuntas. Pada siklus I hasil analisis data menunjukkan, 47,82% siswa tuntas. Pada ke siklus II mencapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 86,95%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam mendeskripsikan hewan dengan bahasa tulis dapat ditingkatkan melalui pendekatan lingkungan.
Kata kunci: Mendeskripsikan hewan dengan bahasa tulis dan pendekatan lingkungan
?
ABSTRACT
Suparni Usman Dama. 2012. Improving Students’ Ability in Describing Animal with Written Language through Environmental-Based Approach. This research was conducted on the 2nd Grade of Elementary School Students at SDN 2 Ulapato A, Telaga Biru, Gorontalo Regency. Skripsi. Department of Education for Elementary School Teachers, Faculty of Educational Science, Gorontalo State University. Advisor I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd and Advisor II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
The problem being discussed in this research is whether students’ ability in describing animal with written language can be improved through Environmental-Based Approach. The purpose of this research is to improve students’ ability in describing animal with written language through Environmental-Based Approach.
The subjects of this research are 2nd Grade students who are 23 students in total. The aspects being scored are: students’ ability in describing animal, students’ ability in writing descriptions, and the use of good language. Achievement indicator in this research is: if 75% from the total of the subjects get 70 ? for all aspects, it can be concluded that students’ ability in describing animal with written language can be improved through Environmental-Based Approach. The result of students’ ability data analysis showed that only 34,78% who able to describe animal with written language. Then, on the first cycle of the treatment, the students’ ability was improved to 47, 82%. At the last cycle, the achievement was improved up to 86, 95%.
Thus, it can be concluded that students’ ability in describing animals with written language can be improved through Environmental-Based Approach.
Key words: Describing animals with written language and Environmental-Based Approach
Download berkas