Penulis / NIM
SUPRIYANTO KUYO / 151408281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Supriyanto Kuyo. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Pemerintahan Pusat Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di Kelas IV No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar, M.Pd, dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A.
Penelitian ini bermakasud untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN NO. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode ini digunakan dengan maksud meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Pada pelaksanaan siklus I rata-rata pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat sebesar 72,41% Namun rata-rata tersebut belum mencapai indikator capaian 80%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II, pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh rata-rata pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat sebesar 93,10%
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sistem pemerintahan pusat kelas IV No. 27 Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo “terbukti” dan dapat diterima.
Kata Kunci: Think Pair Share (TPS) dan Pemahaman Siswa
Download berkas