Penulis / NIM
SYARIFUDIN ZAKARIA / 151408286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Syarifudin Zakaria. 2012: Meningkatkan Kemampuan Membaca Sekilas Melalui Teknik Membandingkan Isi Dua Teks di Kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan PGSD Universitas Negeri Gorontalo, dibimbing oleh Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 67 Kota Timur. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca sekilas melalui teknik membandingkan isi dua bentuk teks di kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo.
Metode penelitian adalah deskripstif. Siswa yang dikenakan tindakan berjumlah 34 siswa kelas V tahun pelajaran 2011/2012. Kemampuan yang dinilai adalah kemampuan membaca sekilas siswa dengan indikator, mampu mengemukakan isi teks sesuai ide atau pokok pikiran; membandingkan isi kedua teks; menceritakan isi kedua teks.
Capaian pada penilaian awal sebelum dilakukan tindakan kelas menunjukkan bahwa, dari 34 orang siswa yang dikenakan tindakan kelas, 25 siswa atau 73,5% termasuk pada kategori mampu membaca sekilas berdasarkan indikator membaca sekilas. Jumlah dan persentase tersebut meningkat pada siklus II menjadi 32 dari 34 siswa (94,1%) termasuk pada kategori mampu membaca sekilas berdasarkan indikator membaca sekilas yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik membandingkan isi dua teks dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 67 Kota Timur Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012.
Kata Kunci: Kemampuan membaca, teknik membandingkan isi dua teks
Download berkas