Penulis / NIM
TETI KADIR EYATO / 151408288
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Teti Kadir Eyato. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan
Pengamatan Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas V SDN 13
Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani
Suleman, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah keterampilan menulis
laporan pengamatan melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas V SDN 13
Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo akan meningkat?”. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis laporan
pengamatan melalui metode pemberian tugas pada siswa kelas V SDN 13
Wonosari Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun siswa yang
dijadikan sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa
sebanyak 16 orang yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa
perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak dua siklus. Persentase
untuk kriteria baik dan sangat baik pada siklus I mencapai 50 % kemudian pada
siklus II meningkat menjadi 85 %. Sedangkan pada kegiatan guru, persentase
untuk kriteria baik dan sangat baik pada siklus I mencapai 56 % kemudian pada
siklus II meningkat menjadi 88 %.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
metode pemberian tugas keterampilan siswa dalam menulis laporan pengamatan
dapat ditingkatkan.
Kata kunci: Menulis, Laporan Pengamatan, Metode Pemberian Tugas
Download berkas