Penulis / NIM
ULIN HASAN / 151408295
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Ulin Hasan, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Motif Hias Daerah Gorontalo Melalui Metode Latihan Di Kelas V SDN 1 Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitar Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I, Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini dalah Apakah melalui metode latihan dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 1 Dumati Kec. Telaga Biru Kab. Gorontalo dalam motif hias daerah Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Motif Hias Daerah Gorontalo di Kelas V SDN 1 Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari observasi perencanaan, tindakan dan refleksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat meningkat pada siklus pertama 65% dan pada siklus kedua 90,91%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan dalam motif hias daerah Gorontalo di Kelas V SDN 1 Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan.
Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam motif hias daerah Gorontalo di Kelas V SDN 1 Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo melalui metode latihan dapat meningkat.
Kata kunci : Motif Hias Daerah Gorontalo, Metode Latihan.
ABSTRACT
Ulin Hasan, 2012. Improve the ability of students in Gorontalo Regional Ornamental Motifs Through Training Methods Classroom 1 V SDN Dumati Gorontalo Regency Blue Lake District. Thesis Faculty of Education Department PGSD Gorontalo State Universitar 2012. Supervisor I, Drs. H. Haris Mahmud, S. Pd, M.Si and Supervisor II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Problems in this study dalah Whether through training methods can enhance the ability of students in grade V SDN 1 Dumati district. Blue Lake District. Gorontalo Gorontalo in the ornamental motif? This study aims to improve students' skills in Gorontalo Regional Ornamental Motif in a Class V SDN Dumati District 1 Blue Lake Gorontalo regency.
This study uses the design of a class action is carried out in two cycles consisting of observation of planning, action and reflection. The method used is descriptive analysis. The results of this class action may be increased in the first cycle of 65% and 90.91% in the second cycle. Can be concluded that the ability of the Gorontalo area of ornamental motifs in Class V SDN 1 Dumati Gorontalo Regency Blue Lake District can be improved.
Conclusions of this study is the ability of students in the Gorontalo area of ornamental motifs in Class V SDN Dumati District 1 Blue Lake Gorontalo District through training methods can be improved.
Key words: Gorontalo Regional Decorative Motif, Training Methods.
Download berkas