Penulis / NIM
UMI DAUD / 151408297
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Umi Daud. 2012. Meningkatkan kemampuan berbicara mengenai perasaan suka tidak suka melalui media gambar di kelas 1 SDN No. 85 Kota tengah Kota Gorontalo. Tugas akhir. Program studi SI PGSD (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Dra evy Hasim. M.Pd pembimbing II Wiwy T Pulukadang S.Pd, M.Pd .
Masalah penelitian adalah apakah melalui media gambar dapat meningkatkan keamampuan berbicara siswa mengenai perasaan suka atu tidak di kelas I SDN No. 85 Kota tengah Kota gorontalo ?, Penelitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mengenai perasaan suka tidak suka di kelas I SDN No.85 Kota tengah kota Gorontalo. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan peningkatan kemampuan berbicara mengenai perasaan suka tidak suka melalui media gambar. Pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I siswa yang memperoleh nilai 88 berjumlah 4 orang presentase 14.81%, yang memperoleh nilai 77 berjumlah 8 orang presentase 29.62%, yang memperoleh nilai 66 berjumlah 14 orang presentase 51.85%, yang memperoleh nilai 55 berjumlah 1 orang dengan presentase 3.70%. pada pelaksanaan siklus II, siswa yang memperoleh nilai 100 berjumlah 20 orang dengan presentase 74.07% yang memperoleh nilai 88 berjumlah 3 orang dengan presentase 11,11%, siswa yang memperoleh nilai 66 berjumlah 1 orang dengan presentase 3.70%. hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan berbicara siswa mengenai perasan suka tidak suka di kelas I SD pada pelaksanaan siklus II.
Sesuai dengan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan media gambar ternyata mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa mengenai perasaan suka tidak suka dan dapat meningkatkan kemampuan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia khususnya di kelas I SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. untuk itu, dikemukakan saran agar setiap guru terutama guru mata pelajaran bahasa Indonesia agar dapat menerapkan media gambar dengan baik di kelas I SD khususnya pada aspek berbicara. Di samping itu guru juga perlu memaksimalkan penerapan keterampilan-keterampilan dasar mengajar untuk mencapai proses dan hasil belajar yang optimal.
Kata kunci : Berbicara,perasaan suka dan tidak suka, media gambar.
Download berkas