Penulis / NIM
VEBRIYATI GIONTE / 151408298
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Vebriyati Gionte, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyimpulkan isi Cerita
Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan
Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Progaram Sutdi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Wiwy T Pulukadang,
S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan pendekatan komunikatif
dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimpulkan isi cerita di kelas V SD
Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango? Tujuan penelitian ini untuk
mendapatkan gambaran yang jelas tentang penerapan pendekatan komunikatif dalam
meningkatkan kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita di kelas V SD Negeri 6
Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 26 orang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita melalui pendekatan komunikatif di kelas
V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan pembahasan hasil interprestasi dapat
diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan menyimpulkan isi cerita
siswa kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan belum menunjukkan seperti apa yang
diharapkan. Sebab dari 26 siswa yang dikenai tindakan diperoleh hasil pengamatan
pada siklus I yakni 60.06% dan siklus II meningkat menjadi 86.16%. Melihat hasil
ini, indikator kerja yang telah dirumuskan dalam penelitian ini yaitu apabila 86%
dari jumlah siswa menyimpulkan isi cerita dapat dicapai.
Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten
Bone Bolango dalam hal menyimpulkan isi cerita dapat ditingkatkan dengan
menggunakan pendekatan komunikatif.
Kata Kunci : Simpulan Isi Cerita, dan Pendekatan komunikatif.
ABSTRACT
Vebriyati Gionte, 2012. Increasing Student ability Conclude plot Via Communicative
Approaching At class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Paper, Progaram Sutdi S1 PGSD, Education majors Learns Elementary School,
Education Knowledge faculty, Gorontalo's Country university. Dra's i. counsellor. Hj.
Evi Hasim, M. Pd, and Counsellor II. Wiwy T Pulukadang, S. Pd, M. Pd.
About problem in this research is If communicative approaching implement get to
increase student ability in conclude plot at class V SD Negeri 6 Bulango Selatan
Kabupaten Bone Bolango? To the effect this research to get clear picture about
communicative approaching implement in increase student ability conclude plot at
class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango that total 26 person.
Method that is utilized in this research is kualitatif's approximate methods by use of
kualitatif's descriptive method that aims to describe student ability conclude plot via
communicative approaching at class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten
Bone Bolango
Base observation result, interview, and interprestasi's result study can get estimation
result on cycle about ability conclude student plot class V SD Negeri 6 Bulango
Selatan Kabupaten Bone Bolango haven't pointed out as what does be expected.
Cause of 26 student that hit by yielding acquired action observing on i. cycle namely
60. 06% and cycle II. worked up as 86. 16%. Seeing this result, job indicator already
been formulated deep observational it which is if 86% of student amount conclude
plot can be reached.
Can be concluded that student class V SD Negeri 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone
Bolango in term conclude plots can be increased by use of communicative
approachings.
Key word: Conclude Plot, and communicative Approaching
Download berkas