Penulis / NIM
VERAWATI BASIR AKSARA / 151408299
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Verawati Basir Aksara. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kalimat
Menggunakan Tanda Baca Melalui Dikte dengan Teknik Latihan Pada Siswa
Kelas IV SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwi T.
Pulukadang, S.Pd. M.Pd.
Rumusan masalah ini adalah Apakah dengan teknik latihan, kemampuan menulis
kalimat menggunakan tanda baca melalui dikte pada siswa kelas IV SDN 3
Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis kalimat
menggunakan tanda baca melalui dikte pada siswa kelas V SDN 3 Suwawa
Selatan Kabupaten Bone bolango.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V SDN 3
Suwawa Selatan, berjumlah 30 orang subjek penelitian yang terdiri dari 12 siswa
laki-laki dan 18 siswa perempuan sebagai sampel populasi,dengan hasil belajar
pada siklus I 53,33% pada siklus II meningkat menjadi 83,33 %
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan teknik
latihan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis kalimat
menggunakan tanda baca melalui dikte pada siswa kelas IV SDN 3 Suwawa
Selatan Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan
Kata Kunci: Kalimat, Tanda Baca, Dikte, dan Teknik Latihan
Download berkas