Penulis / NIM
WARNI N. HUSAIN / 151408305
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Warni N. Husain. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Mengenal Penggunaan Uang Pada Pelajaran IPS Melalui Model Role Playing Di Kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Apakah melalui model Role Playing pada pembelajaran IPS materi penggunaan uang di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pemahaman siswa akan meningkat?”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui model Role Playing pada pembelajaran IPS materi penggunaan uang di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I untuk kategori baik (B) dan sangat baik (SB) jumlah persentase keduanya 42,8 % dan meningkat menjadi 78,5% pada siklus II. Sedangkan data hasil observasi kegiatan guru pada siklus I untuk kategori baik (B) dan sangat baik (SB) jumlah persentase keduanya 69,2 % dan meningkat menjadi 84,6 % pada siklus II. Adapun hasil tes pemahaman siswa materi mengenal penggunaan uang pada pelajaran IPS melalui model role playing selama pelaksanaan tindakan yaitu pada siklus I persentase rata-rata mencapai 58,15 % meningkat menjadi 71,54 % pada siklus II.
Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model role playing dapat meningkatkan pemahaman siswa materi mengenal penggunaan uang pada pelajaran IPS di kelas III SDN 2 Barakati Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Pemahaman, Model Role Playing
Download berkas