Penulis / NIM
WAWAN ISKANDAR GANI / 151408307
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Wawan Iskandar Gani 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis
Paragraf Narasi Melalui Gambar Seri di Kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan
Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Suatu Penelitian Tindakan Kelas
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd., M.Pd dan
Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan
siswa menulis paragraf narasi melalui gambar seri di kelas IV SDN 3 Bongo
Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf narasi melalui gambar
seri di kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo.
Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang
digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai
Kabupaten Gorontalo, dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 8 orang
siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilaksanakan
dikategorikan sebagai penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yakni tahap perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada
observasi awal siswa yang mampu menulis paragraf narasi sebanyak 5 orang atau
23% dengan total persentase kemampuan siswa menulis paragraf narasi yang
mencapai 32%. Adapun pada siklus I siswa yang mampu menulis paragraf narasi
melalui gambar seri sebanyak 10 orang atau 45% dengan total persentase
kemampuan siswa menulis paragraf narasi yang mencapai 60% dan pada siklus II
meningkat menjadi 18 orang atau 82% dengan total persentase kemampuan siswa
menulis paragraf narasi yang mencapai 86%. Hasil capaian ini melebihi target
indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni 16 orang atau 73% dari jumlah
keseluruhan 22 orang siswa yang mampu menulis paragraf narasi melalui gambar
seri.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis paragraf
narasi melalui gambar seri di kelas IV SDN 3 Bongo Kecamatan Batudaa Pantai
Kabupaten Gorontalo dapat dinyatakan berhasil, sehingga hipotesis tindakan yang
telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Menulis, paragraf, narasi dan gambar seri.
Download berkas