SKRIPSI

Penulis / NIM
WIRAKSINI PAKAYA / 151408308
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Wiraksini Pakaya, 2012. Universitas Negeri Gorontalo Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ”Meningkatkan hasil belajar pada materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya dengan media visual pada siswa kelas IV SDN 41 Hulonthalangi Kota Gorontalo”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu,S.Pd.M.Pd dan pembimbing II Drs.Djotin Mokoginta,S.Pd.M.Pd Permasalahan utama dari penelitian ini apakah dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 41 Hulonthalangi Kota Gorontalo?.. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya pada siswa kelas IV SDN 41 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Adapun metode yang digunakan dalam peneltian ini meliputi tes, obsevasi dan dokumentasi, dan yang menjadi subyek adalah siswa kelas IV SDN 41 Hulonthalangi dengan jumlah siswa 28 orang laki-laki Hasil belajar dari analisis data sebagaimana yang telah diuraikan pada hasil penelitian bahwa pelaksanaan untuk Siklus I masih kurang, yaitu masih dibawah dari 75% yaitu hanya mencapai nilai 67,01%. Berdasarkan pada hasil kegiatan siklus 1 dan 2 dihasilkan hal-hal sebagai berikut kemampuan siswa dalam memahami tentang materi perubahan lingkungan pengaruh angin 66,26%, pada siklus kedua meningkat secara keseluruhan yaitu 84,44%. Siklus pertama tentang kemampuan dalam memahami tentang materi perubahan lingkungan pengaruh hujan rata-rata 67,33%, siklus kedua meningkat menjadi 83,70%. Berikutnya pada siklus pertama yaitu tentang materi perubahan lingkungan pengaruh matahari presentasinya rata-rata 67,33%, selanjutnya untuk siklus kedua meningkat menjadi 84,81%. Pada siklus pertama yaitu tentang materi perubahan lingkungan pengaruh gelombang presentasinya rata-rata 67,15%, kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 86,11%, Oleh karena itu pelaksanaan tindakan ini sudah mencapai indikator kinerja, yaitu jika guru menggunakan Media visual pada materi perubahan lingkungan dan pencegahannya pada siswa kelas IV SDN No 41 Hulonthalangi Kecamatan Hulonthalangi akan meningkat Kata Kunci : Hasil belajar, media visual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011