SKRIPSI

Penulis / NIM
WITIN LAHABILA / 151408309
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK WitinLahabila. NIM 151408309 .2012 “Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Bentuk Penjumlahan Pecahan Biasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share Pada Siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Skripsi, Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FakultasI lmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Apakah Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dalam Bentuk Penjumlahan Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian inia dalah metode penelitian tindakan kelas(PTK) digunakan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan biasa melalui mode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share pada siswa kelas IV di SDN No. 10 Kota Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan biasa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Think Pair and Share, dengan indikator kinerja 75% dari 22 siswa mendapat nilai 65.Pada siklus I menunjukkan 13 sisw aatau 59,09% dari 22 siswa sudah mampu menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan. Pada siklus II Jumlah ini mengalam ipeningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan menjadi 20 siswa atau 90,91 % dari 22 siswa yang ada di kelas IV SDN No. 10 Kota Barat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam bentuk penjumlahan pecahan biasa pada siswa kelas IV di SDN No. 10 Kota Barat meningkat. Kata kunci: kemampuan, soalcerita, penjumlahan pecahan biasa, model pembelajaran think, pair and share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011