Penulis / NIM
WIWIN IDRIS / 151408310
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Wiwin Idris. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi Melalui Pendekatan Lingkungan Di Kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo”. Skripsi.Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pddan Pembimbing II. Dra. Hawa Patiiha, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa dalam menulis puisi di kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui pendekatan lingkungan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo pada materi menulis puisimelalui pendekatan lingkungan.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 18 orang yang terdiri 10 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan, evaluasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa menentukan isi teks bacaan dapat ditingkatkan melalui pendekatan lingkungan. Pada siklus I terdapat 33,33 % atau 6 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu, 61,11 % atau 11 orang siswa memperoleh kriteria kurang mampu, dan 1 orang atau 5,55 % memperoleh kriteria tidakmampu dan pada siklus II meningkat menjadi 83,33 % atau 15 orang siswa memperoleh kriteria mampu, 16,66 % memperoleh kriteria kurang mampu.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melaluipendekatan lingkungan, maka kemampuan siswa menulis puisi dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Menulis Puisi, Pendekatan Lingkungan.
Download berkas