Penulis / NIM
WIWIN MAHMUD / 151408311
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Wiwin Mahmud. Nim 151408311. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengubah Bilangan Asli Ke Bilangan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah Penelitian ini adalah apakah kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi dapat ditngkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas digunakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan, siswa yang mempunyai nilai 75 berjumlah 7 orang atau 32% dan siswa yang mempunyai nilai 85 berjumlah 5 orang atau 23% yang dinyatakan mampu, dengan demikian dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan 12 orang atau54% mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II siswa yang mencapai nilai 75 berjumlah 4 orang atau 18% dan siswa yang mencapai nilai 85 berjumlah 14 orang atau 63% yang dinyatakan mampu, berarti dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan 18 orang atau 82% mampu mengubah bilangan asli ke bilangan romawi. Dengan demikian indikator yang diharapkan telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) maka kemampuan mengubah bilangan asli ke bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN No. 10 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci: Kemampuan, mengubah bilangan asli ke bilangan romawi, Numbered Head Together (NHT)
Download berkas