Penulis / NIM
YANA DENGO / 151408313
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
YANA DENGO. NIM. 151 408 313.. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2. Nurhayati Tine, S.Pd. I., M.H.I
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning) di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning) di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo.
Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi yang akan diupayakan peningkatannya melalui Pendekatan CTL (Contekstual Teaching learning), di mana pada observasi awal hasil belajar siswa 53% siswa pada kategori tuntas meningkat menjadi 66.7% pada siklus I, dan 81% pada siklus II.
Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika guru menggunakan pendekatan Contekstual Teaching Learning (CTL) maka hasil belajar siswa pada pembelajaran PKN materi kebebasan berorganisasi di kelas 5 SDN 1 Biyonga Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”.
Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran CTL
Download berkas