Penulis / NIM
YANTI P. ALI / 151408315
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
YANTI P. ALI, Nim 151 408 315. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Besar Sudut Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1- PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1) Dra. Martianty Nalole, M. Pd, (2) Dra. Samsiar RivaI, S. Pd, M. Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menentukan besar sudut pada siswa kelas IV SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalot dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan besar sudut melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.
Penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo pada siklus I menunjukkan bahwa dalam menentukan besar sudut hanya 21 orang atau 75% yang memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 25 orang atau 89,28% yang memperoleh nilai 65 ke atas.
Sesuai dengan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan kontekstual kemampuan menentukan besar sudut pada siswa kelas IV SDN NO. 85 Kota Tengah Kota Goronto meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Menentukan Besar Sudut, Melalui Pendekatan Kontekstual.
Download berkas