Penulis / NIM
YANTI SULEMAN / 151408316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Abstrack
YANTI SULEMAN. Meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia melalui pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD) di kelas III SDN No.87 kota tengah kota Gorontalo. Skripsi program SI PGSD Jurusan pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa kelas III pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia, dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III tentang materi bangga sebagai bangsa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan model pembelajar STAD yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKN khususnya pada materi bangga sebagai bangsa Indoonesia.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran STAD peningkatan pemahaman materi siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman siswa yaitu dari 63 % meningkat menjadi 86,25 % atau indikator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa.
Kata Kunci: Peningkatan pemahaman siswa, model pembelajara pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD)
Download berkas