SKRIPSI

Penulis / NIM
YANTI SULEMAN / 151408316
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Abstrack YANTI SULEMAN. Meningkatkan pemahaman siswa pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia melalui pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD) di kelas III SDN No.87 kota tengah kota Gorontalo. Skripsi program SI PGSD Jurusan pendidikan guru sekolah dasar. Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa kelas III pada materi bangga sebagai bangsa Indonesia, dan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III tentang materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan model pembelajar STAD yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran PKN khususnya pada materi bangga sebagai bangsa Indoonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model pembelajaran STAD peningkatan pemahaman materi siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman siswa yaitu dari 63 % meningkat menjadi 86,25 % atau indikator kinerja tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Kata Kunci: Peningkatan pemahaman siswa, model pembelajara pembelajaran kooperatif student achievent division (STAD)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011