Penulis / NIM
YATI JAELANI / 151408317
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Yati Jaelani. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Reinforcement Di Kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd danPembimbing II
Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Teknik Reinforcement Di Kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo Dapat Meningkat ?’’. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui teknik reinforcement di kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara siswa melalui teknik reinforcement di kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian observasi, dan wawancara dapat diperoleh hasil penelitian pada siklus I tentang kemampuan berbicara siswa kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa indonesia hanya mencapai 57 % ( 17 orang ) dari jumlah siswa 30 orang. Sementara pada siklus II mencapai 88 % ( 26 orang ) dari jumlah siswa 30 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui teknik reinforcement meningkat 31 %. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas III SDN NO 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dalam hal menceritakan peristiwa dapat ditingkatkan dengan menggunakan teknik reinforcement.
Kata Kunci : Berbicara, Teknik Reinforcement
Download berkas