Penulis / NIM
YAYUK LIPUTO / 151408318
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Yayuk Liputo, Nim 151408318. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menerapkan Rumus Keliling Dan Luas Jajar Genjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN No. 95 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) kemampuan menerapkan rumus keliling dan luas jajar genjang pada siswa kelas IV Di SDN No. 95 Sipatana Kota Gorontalo meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menerapkan rumus keliling dan luas jajar genjang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel input, variabel proses, dan variabel output. Instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpul data adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan Pelaksanaan tindakan siklus I, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) diperoleh data bahwa pembelajaran pada siklus I telah berhasil yaitu 14 siswa atau 82,45% yang telah mampu menerapkan rumus keliling jajar genjang dan siswa yang belum mampu sebanyak 5 siswa atau 17,55%. Pelaksanaan tindakan pada siklus II dilanjutkan pada materi selanjutnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT), diperoleh data 2 siswa atau 7,01% dari 19 siswa masih belum mampu menerapkan rumus luas jajar genjang dan 17 siswa atau 92,99% telah mampu menerapkan rumus keliling dan luas jajar genjang dikelas IV SDN No. 95 Sipatana Kota Gorontalo.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Heads Together (NHT) kemampuan menerapkan rumus keliling dan luas jajar genjang siswa kelas IV SDN No.95 Sipatana meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Kooperatif, Number Heads Together (NHT)
Download berkas