Penulis / NIM
YETI TOWALU / 151408320
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Yeti Towalu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jual Beli Melalui Model Scramble di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II Dra Elmia Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Scramble dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jual Beli di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi jual beli.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan hasil belajar siswa terhadap materi jual beli. Data-data dikumpulkan melalui lembar observasi berupa lembar pengamatan kegiatan siswa, dan teks evaluasi belajar siswa untuk mengukur hasil belajar siswa dan kebehasilan penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 14 siswa atau sebesar 46,67% dari 20 siswa belum memperoleh nilai 70 keatas sehingga belum mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan dan dilanjutkan kesiklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu sebanyak 27 orang atau 90%, hasil ini melebihi target indikator kinerja sebesar 80% dari jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sehingga pembelajaran dianggap tuntas.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Scramble hasil belajar Siswa tentang jual beli di Kelas III SDN 3 Isimu Raya Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Hasil Belajar, Jual Beli, Model Scramble.
Download berkas