SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIANA SAMAUN / 151408323
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK Yuliana Samaun. 2012. “Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Berbalas Pantun Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas IV SDN 1 Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas ILmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Metode Demonstrasi Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Berbalas Pantun di Kelas IV SDN 1 Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian adalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dalam Berbalas Pantun Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 1 Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam berbalas pantun melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 1 Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data, Dari jumlah siswa 15 orang yang dikenai tindakan hanya 7 orang siswa (46,66%) yang memperoleh nilai 70 ke atas atau sudah dapat dikatakan terampil dalam berbalas pantun, 8 orang siswa (53,33%) yang memperoleh nilai 70 ke bawah atau dikatakan belum terampil dalam berbalas pantun dengan daya serap 72,86%. Sedangkan pada siklus II meningkat dari 15 orang siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 14 orang (93,33%) atau dikatakan sudah terampil dalam berbalas pantun, 1 orang siswa (6,66%) belum terampil dalam berbalas pantun dengan daya serap mencapai 90,46%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi, keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Tohupo Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Keterampilan berbicara, Pantun, Metode Demonstrasi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011