SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIATI YUSUF / 151408324
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Yuliati Yusuf, NIM 151 408 324. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pengurangan Pecahan Campuran Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan S1-PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd, Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Variabel penelitian yang digunakan adalah variabel input, variabel proses dan variabel output. Instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpul data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pelaksanaan siklus I terdapat 13 orang atau 56,52% siswa yang mampu menghitung pengurangan pecahan campuran dan 9 orang atau 39,13% siswa yang tidak mampu menghitung pengurangan pecahan campuran. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 19 orang atau 82,61% siswa yang mampu menghitung pengurangan pecahan campuran, sementara untuk siswa yang tidak mampu menghitung pengurangan pecahan campuran ada 4 orang atau 17,39% siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan dari pengolahan data yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I dan siklus II dengan aspek-aspek kegiatan siswa yang diamati dan dinilai terdiri dari 2 aspek yakni : (a) kemampuan dalam mengurang pecahan campuran (b) kemampuan dalam mengurang pecahan campuran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hal ini berarti terjadi peningkatan terhadap kemampuan mengurang pecahan campuran pada siswa kelas V SD No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran. Kata Kunci: Kemampuan, kooperatif, Think Pair Share
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011