Penulis / NIM
YULMAWATI T. MOONTY / 151408325
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Yulmawati Moonti. Nim. 151408325. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menjumlahkan Dengan Dua Kali Teknik Menyimpan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan dua kali teknik menyimpan di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yakni siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 26 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa dalam menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan hanya 7 orang atau 26,92 % yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 23 orang siswa atau 88,46 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Make a Match kemampuan menjumlahkan bilangan dengan dua kali teknik menyimpan pada siswa kelas III SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Menjumlahkan Dengan Dua Kali Teknik Menyimpan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Download berkas