Penulis / NIM
YUNANSI LABAJO / 151408326
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Yunansi Labajo. 2012. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris
Siswa Materi Colour Melalui Media Gambar di Kelas II SD Muhammadiyah
Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo,
pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani
suleman, M.Hum.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan penggunaan media
gambar penguasaan kosakata bahasa Inggris materi colour siswa kelas II SD
Muhammadiyah Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo akan
meningkat?”sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa materi colour melalui media gambar di
kelas II SD Muhammadiyah Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus
I dan II, masing-masing siklus sebanyak dua kali pertemuan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelaksanan yang di capai siswa
pada siklus I belum menunjukan hasil yang tidak diharapkan karena, dari 31 orang
siswa yang dikenakan tindakan 21 orang siswa atau 67,74% yang memperoleh
nilai 68 ke atas dan 10 orang siswa atau 32,26% yang memperoleh nilai 68 ke
bawah. Tindakan pada siklus II sudah mencapai target karena dari 31 orang siswa
yang di kenakan tindakan 26 orang siswa atau 83,87% yang memperoleh nilai 68
ke atas dan 5 orang siswa atau 16,12% yang memperoleh nilai 68 ke bawah.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar dapat
meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa materi colour melalui di
kelas II SD Muhammadiyah Hutuo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : PenguasaanKosakata, Matericolour, MediaGambar.
ii
ABSTRAK
Yunansi Labajo. 2012. Increases Matter Student English Vocabulary Mastery
Colour Pass Picture Media At Class II SD Muhammadiyah Hutuo District
Limboto Regency Gorontalo. Skripsi, School Teacher Education Direction Base
Country University Education Science Faculty Gorontalo, my guide is Wiwy T.
Pulukadang, S.Pd, M.Pd and guide II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Troubleshoot in this watchfulness “What with matter English vocabulary mastery
picture media use colour class student II SD Muhammadiyah Hutuo District
Limboto Regency Gorontalo will increase? ”. While aim from this watchfulness to
increases matter student English vocabulary mastery colour pass picture media at
class II SD Muhammadiyah Hutuo District Limboto Regency Gorontalo.
Method at use in this watchfulness class action watchfulness method (PTK). This
class action watchfulness is carried out in 2 cycles that is my cycle and II, each
cycle twice meeting.
This watchfulness result shows that result execution at reach student in my cycle
not yet demoes result not supposed because, from 31 person students that worn
action 21 students or 67,74% that get value 68 to on and 10 students or 32,26%
that get value 68 downwards. Action in cycle II achieve target because from 31
students at impose action 26 students or 83,87% that get value 68 to on and 5
students or 16,12% that get value 68 downwards.
From this watchfulness result inferential that pass picture media can increase
matter student English vocabulary mastery colour pass at class II SD
Muhammadiyah Hutuo District Limboto Regency Gorontalo.
Keyword: Vocabulary Mastery, Matter Colour, Picture Media.
Download berkas