Penulis / NIM
YUSNI ADJA / 151408329
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
YUSNI ADJA. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggunakan Tanda Baca Dalam Meringkas Wacana Di Kelas V SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Program Studi S1 PGSD pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II, Wiwi Triyanti Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah, apakah kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca dalam meringkas wacana meningkat?.Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menigkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca dalam merangkum wacana di SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 85 Kota tengah yang berjumlah 24 Orang dan teriri dari 15 orang perempuan dan 9 orang laki-laki dengan kemampuan belajar yang bevariasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel input, proses dan variabel output. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan test.
Hasil pembelajaran pada siklus I menjunjukan bahwa keseluruhan siswa yang mengalami tindakan pada penelitian ini belum mengalami ketuntasan belajar dengan nilai 50,69. Hasil belajar siklus II menunjukan bahwa 83% atau 20 orang dari 24 orang siswa telah mencapai ketuntasan ataupun indikator keberhasilan pembelajaran dengan nilai 74,65. Dengan demikian berdasarkan hasil pada siklus I dan II maka dapat disimpulkan rata-rata peningkatan hasil belajar siswa adalah 23,96%.Hipotesis tindakan ini telah terterima, hal ini didukung oleh ketentuan bahwa untuk terterimanya hipotesis penelitian ini minimal 75% dari total 24 orang siswa mendapatkan nilai diatas 70.
Kata Kunci. Tanda Baca, Merangkum, Wacana
Download berkas