SKRIPSI

Penulis / NIM
ZANURAIN H. BANSER / 151408334
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Zanurain H. Banser,2012. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Metode Sosiodrama Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiha, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah kemampuan siswa dalam berbahasa lisan melalui metode sosiodrama di Kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan melalui metode soiodrama pada siswa kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. penelitian ini dilakuakn sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Penelitian ini dibantu oleh guru mata pelajaran yang bertindak sebagai pengamat. Jumlah subyek penelitian sebanyak 24 siswa dengan 12 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil tes kemampuan siswa dalam berbahasa lisan selama pelaksanaan tindakan untuk aspek keruntutuan keberanian dalam berbicara pada siklus I hanya mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 91.66%. aspek pengucapan dengan intonasi yang tepat pada siklus I mencapai 33.34%, pada siklus II meningkat menjadi 8.34%. aspek menghayati kata-kata yang disampaikan pada siklus I mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 8.34%. secara keseluruhan, presentase rata-rata untuk ketiga aspek penilaian yaitu presentase rata-rata pada siklus I mencapai 66.66%, pada siklus II meningkat menjadi 91.66%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode soiodrama dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan pada siswa kelas IV SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: Berbahasa Lisan, Metode Sosiodrama.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011