Penulis / NIM
ZEIN BAHUWA / 151408335
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Zein Bahuwa. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Luas Persegi Panjang Dengan Menggunakan Papan Berpaku Pada Siswa Kelas III SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Martianty Nalole, M.Pd Pembimbing II : Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Apakah pemahaman konsep pengukuran luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode papan berpaku?”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep pengukuran luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dengan menggunakan metode papan berpaku.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu melakukan pengukuran luas persegi panjang dengan menggunakan metode papan berpaku berjumlah 22 siswa atau 73,33%, sedangkan siswa yang belum mampu melakukan pengukuran luas persegi panjang berjumlah 8 siswa atau 26,67%. Data siklus II menunjukkan bahwa dari 30 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu melakukan pengukuran luas persegi panjang dengan menggunakan metode papan berpaku berjumlah 27 siswa atau 91,11%, sedangkan siswa yang belum mampu melakukan pengukuran luas persegi panjang berjumlah 3 siswa atau 8,89%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa metode papan berpaku dapat meningkatkan pemahaman konsep pengukuran luas persegi panjang pada siswa kelas III SDN 85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pengukuran, Luas, Persegi Panjang, Papan Berpaku
Download berkas