Penulis / NIM
ZULAEHA A. ISHAK / 151408337
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Zulaeha Ishak. 2012. Meningkatkan kemampuan menulis ringkasan melalui pendekatan proses. (Suatu penelitian di kelas III SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy T. Pulukadang, S. Pd, M.Pd, Pembimbing II Dra. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa di kelas III SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis ringkasan.
Hasil pelaksanaan tindakan kelas menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis ringkasan dapat ditingkatkan melalui pendekatan proses pada siswa kelas III SDN NO. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Pada observasi awal menunjukkan bahwa hanya 2 siswa (5,55%) yang memiliki kemampuan dalam menulis ringkasan. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I mengalami peningkatan menjadi 23 siswa atau 63,88%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 32 siswa atau 88,88% dari 36 siswa SDN NO. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan proses dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis ringkasan yang ditandai dengan perubahan nilai perilaku siswa.
Kata kunci : Kemampuan, menulis ringkasan, pendekatan proses
Download berkas