Penulis / NIM
AGUSTINA ABDULLAH / 151408342
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Agustina Abdullah. 151 408 342. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Efektif Melalui Media Gambar Seri Di Kelas III SDN No. 9 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd.
Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa menulis kalimat efektif melalui media gambar seri di kelas III SDN NO. 9 Kota Barat serta tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menigkatkan kemampuan siswa menulis kalimat efektif melalui media gambar seri di kelas III SDN No. 9 Kota Barat Kota Gorontalo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas III SDN No. 9 Kota Barat Kota Gorontalo. Karakteristik subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 26 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran kemampuan menulis kalimat efektif melalui media gambar seri dikelas III SDN o 9. Kota Barat Kota Gorontalo diperoleh hasil ketuntasan pada observasi awal hanya berjumlah 5 orang atau sebesar 19.23%, pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 12 orang atau sebesar 46.15% dan pada siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 23 orang atau ketuntasan sebesar 88.46%. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis kalimat efektif melalui media gambar seri di kelas III SDN No. 9 kota Barat Kota Gorontalo dapat meningkat dan melebihi indikator capaian.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Media Gambar Seri
Download berkas