Penulis / NIM
ASMI ABDUL AZIS / 151408350
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Asmi Abd. Azis. NIM 151 408 350. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Peristiwa Alam di Indonesia Melalui Media Gambar di Kelas VI SDN 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa pada materi Peristiwa Alam di Indonesia dan kurang efektifnya kegiatan pembelajaran yang diterapkan. permasalahan ini ditanggulangi dengan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 42 Hulonthalangi Kota Gorontalo yang berjumlah 31 orang yang terdiri dari 21 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini berlangsung sebanyak dua siklus.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode yang digunakan adalah metode deskriptif, serta analisis data aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan persentase.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menujukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada setiap siklus. Pada siklus I mencapai ketuntasan sebanyak 9 siswa atau 29,03% rata-rata nilali 77,78 dengan daya serap klasikal sebesar 59,03. Pada siklus II ketuntasannya meningkat menjadi 25 orang atau 80,65% rata-rata nilai 79,40 dengan daya serap klasikal sebesar 75,16. Untuk hasil observasi kegiatan pembelajaran (kegiatan guru dan aktivitas siswa) mengalami peningkatan yang signifikan secara bertahap dalam pelaksanaannya pada setiap siklus. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah hipotesis yang diajukan, diterima; dan indikator kinerja yang ditetapkan terpenuhi.
Kata Kunci:
Hasil belajar siswa, materi Peristiwa Alam di Indonesia, media gambar.
Download berkas