Penulis / NIM
ERNIE ANTU IGIRISA / 151408360
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
ERNIE ANTU IGIRISA. Nim 151408360 2012 “Meningkatkan Kemampuan Menjumlah dan Mengurang bilangan bulat melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitar Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Bertolak dari identifikasi masalah yang telah diuraikan, maka masalah peneliti ini dirumuskan sebagai berikut : Apakah kemampuan menjumlah dan mengurang bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menjumlah dan mengurang bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dengan prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ada 14 siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas, atau 60,87%. Ini berarti bahwa tindakan siklus I belum mencapai indikator kinerja. Dengan demikian diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 20 siswa yang memperoleh 65 ke atas atau 89,96%.
Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa, meningkatkan kemampuan menjumlah dan mengurang bilangan bulat melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN No. 96 Sipatana Kota Gorontalo.
Kata kunci : Kemampuan menjumlah dan mengurang bilangan bulat model kooperatif tipe STAD.
Download berkas