SKRIPSI

Penulis / NIM
ETY UMAR / 151408363
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK Ety Umar. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Hasil Laporan Pengamatan Melalui Media Gambar Seri di Kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I adalah Dra. Hawa Pattiiha, M.Pd dan Pembimbing II adalah Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan media gambar seri kemampuan siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam menulis laporan hasil pengamatan dapat ditingkatkan ? ”. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis hasil laporan pengamatan melalui media gambar seri pada siswa kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V sejumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada siklus I tingkat kemampuan siswa belum mencapai indikator yang di harapkan yaitu 75 %. Pada siklus II semua siswa sudah masuk dalam kategori tuntas belajar atau dengan kata lain 85.71 % telah berhasil sesuai indikator kinerja yang ditetapkan sebelumnya oleh peneliti. Oleh karena itu dengan melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil pengamatan pada siswa kelas V SDN 29 Kota selatan Kota Gorontalo. Kata Kunci : Menulis, Laporan Hasil Pengamatan, media gambar seri ABSTRACT Ety Umar. Of 2012. "Improving Student Writing Ability Through Observation Reports Results Media Images in Class V Series No. SDN. 29 South City Gorontalo city. "S1 PGSD Studies Program, Department of Primary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo 2012. Problems in this study is "What is the use of media images series V capability SDN No grade students. 29 South City of Gorontalo city in writing a report of observations can be improved? ". The study was conducted with the aim to improve the writing skills of observation through the media reports the results of the image series on SDN No. V-grade students. 29 South City of Gorontalo city. This type of study is a Class Action Research (PTK). The research was conducted through two cycles. Research subjects are students in grade 28 student V number. Data collection techniques including observation, testing, documentation, and field notes. Data analysis technique used is the qualitative data analysis techniques. The results of this study concluded that the cycle I have not reached the level of students' skills in the hope that the indicator is 75%. In the second cycle of all students are included in the category of complete study or in other words 85.71% have managed to fit a pre-established performance indicators by researchers. Hence the series of images through the media can increase the ability to write reports on students' observations of 29 class V SDN southern city of Gorontalo city. Keywords: Observation Report Writing Ability, media images series
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011