Penulis / NIM
FATMAH LAHATI / 151408367
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Fatma Lahati. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Anak Melalui Model Pebelajaran Jigsaw Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo. Tugas Akhir. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas v Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I akan meningkat ?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan megidentifikasi unsur cerita anak melalui model pembelajaran jigsaw di kelas v Marasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I Kota Barat Kota Gorontalo.
Penelitian diawali dengan observasi awal. Hasilnya, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas hanya 4 orang atau 18,18% dan daya serap 55,90%. Hasil penelitian pada siklus I, dari 22 orang siswa yang mendapatkan nilaiu 70 ke atas sebanyak 8 orang atau 36,36% dan daya serap 62,72%. Oleh sebab itu dilaksanakan tindakan siklus II sebagai refleksi siklu I. Pada siklus II terjadi peningkatan. Dari 22 orang siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 20 orang atau 90,90 % dan daya serap menjadi 83,63 %. Hasil pada siklus II ini menunjukkan bahwa indikator kinerja telah tercapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw telah dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V Madrasah ibtidaiyah Muhammadiyah Dembe I dalam mengidentifikasi unsur cerita anak.
Kata Kunci : jigsaw, mengidentifikasi, unsur cerita, intrinsik, cerita anak
Download berkas